Kompres CSS Untuk Mempercepat Loading Blog



Salah satu trik SEO agar blog anda dapat lebih cepat terindex pada mesin pencari yaitu dengan mempercepat loading blog. Nah, bagi anda yang sangat gemar desain blog disarankan untuk agar mengurangi pernak-pernik web seperti gambar, animasi flash, dll. Gunakanlah seperlunya saja.
Selain itu optimasikanlah script CSS pada blog anda.

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet yaitu sebuah dokumen yang digunakan untuk mendesain atau mengatur tampilan tata letak sebuah halaman web, CSS ini bersifat embeded pada tag HTML yang artinya menempel atau melekat pada tag HTML. Dengan CSS ini, kita bisa mengontrol/mengatur seluruh tampilan halaman web dengan hanya sebuah dokument CSS, biasan ekstensi untuk file CSS adalah .css (dot css). Selain itu, CSS juga dapat menggantikan fungsi tabel dan dapat meminimalkan ukuran file HTML. Nah, loading CSS pada blog berbeda-beda tergantung desain atau perintah pada CSS tersebut.

Pada tutorial kali ini, saya memberikan trik untuk mengkompress CSS sehingga loading blog cukup ringan. Lihat contoh berikut :

Contoh CSS yang belum dikompres :#contohheader {
margin-top : 10px;
margin-right : 5px;
margin-bottom : 15px;
margin-left : 20px;
}
Contoh CSS setelah dikompres :#contohheader {
margin:10px 5px 15px 20px;
}

Nah, itu untuk contoh mengkompress CSS. Bagaimana bila dokument CSS pada anda begitu panjang?? apa yang anda pikirkan? Sangat melelahkan bukan? Tidak hanya melelahkan, tapi juga sangat memakan waktu yang cukup banyak hanya mempercepat loading blog kita. Maka dari itu kita menggunakan sebuah tool yang sangat meringankan pekerjaan yaitu CSS compressor, silahkan diklik..

Baik, sekarang bagaimana menggunakannya? Untuk menggunakannya silahkan login terlebih dahulu pada blog anda, ingat backup template anda sebelumnya dan ikuti langkah berikut.
1. Setelah login pada blog anda, masuk pada menu Rancangan dan pilih Edit Html
2. Script CSS pada blog biasanya dan pada umumnya terletak diantara code <b:skin><![CDATA[ sampai code ]]></b:skin> Bila kurang jelas, lhat contoh dibawah;

<b:skin><![CDATA[disini mulainya | . . . . . .
. . . . .KODE-KODE CSS. . . . .
sampai disini |
]]></b:skin>

3. Buka situs CSS compressor disini 
4. Setting pengaturannya seperti berikut:

Compression mode = pilih 'Normal'
Comment handling = pilih 'Don't strip any comments'

Pastekan kode CSS yang telah di potong tadi pada kotak kosong. Kemudian klik Compress-It.  Selanjutnya copy hasil kompresan tadi dan tempatkan pada template kamu diantara kode :

<b:skin><![CDATA[Pastekan disini kode CSS yang telah di kompres tadi
]]></b:skin>

5. Terakhir klik SIMPAN.

Selamat mencoba, semoga berhasil.. ^_^

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

Komentar

0 Komentar untuk "Kompres CSS Untuk Mempercepat Loading Blog"

Tambahkan komentar anda

Blog ini adalah blog Do Follow. Tentu akan mendapat respon dan menguntungkan bagi blog yang berkomentar. Silahkan berkomentar dengan memperhatikan nilai SARA!!

 

Info Techno

HTML

SEO

Return to top of page Copyright © 2009-2013 | Komunitas BLogger Nias