Mengenal Alexa rank dengan manfaat dan tujuannya



Apa itu Alexa? Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Alexa.com untuk menyatakan rangking/peringkat suatu situs yang didasarkan pada traffic situs tersebut. Semakin bagus trafficnya, semakin tinggi Peringkat situs tersebut. Alexa Rank mempunyai nilai 1 sampai seterusnya
(Sampai berjuta-juta). Semakin kecil nilai Alexa Rank Anda, maka semakin bagus. Ini Berarti Alexa Rank Tertinggi adalah 1, semakin besar nilainya maka semakin turun Rankingnya.


Banyak orang mengatakan jika popularitas Alexa atau istilahnya Alexa trends sudah menurun dan kita tidak usah terlalu memikirkan ranking dari Alexa! Menurut saya keberadaan Alexa masih sangat penting dalam pencapaian sebuah Page Rank (PR) yang tinggi karena menunjukkan kualitas dan popularitas dari website yang kita miliki. Selain itu Google tampaknya masih berpatokan juga pada Alexa dalam memberikan ranking bagi website kita. Kalau memang begitu pentingnya Alexa Toolbar ini, apa saja kegunaannya?

  1. Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah website.
  2. Berguna bagi website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online.
  3. Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki.


Untuk saat ini tampaknya hanya 5-10 % saja pengguna internet yang menggunakan Alexa Toolbar, mungkin karena orang - orang tersebut adalah para webmaster dan sudah mengetahui ataupun menyadari dampak dari penggunaan Alexa Toolbar ini. Namun menurut perhitungan algoritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, sistem ranking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan ranking berdasarkan sumber lain juga, mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo!, MSN dan website berpengaruh lainnya. Dan sudah banyak penurunan ranking yang dialami oleh para webmaster (terutama pemilik blog).

Lalu seberapa penting Alexa Rank?
Jika situs Anda tidak dibuat untuk tujuan mencari uang, Alexa rank tidaklah penting. Namun jika situs Anda bertujuan sebaliknya, faktor Alexa Rank wajib Anda perhitungkan sama seperti Google Pagerank. Karena banyak situs penghasil uang di internet yang menjadikan Alexa Rank sebagai tolak ukur nilai suatu situs. Contohnya situs Teks Link ads, Sponsored Review, ReviewMe, dan ask2link.

Selain itu, bagusnya Alexa Rank Anda juga menggambarkan kepopuleran suatu situs. Hal ini akan berakibat banyaknya advertiser yang ingin memasang iklan di situs Anda. Sebuah jalan untuk menghasilkan uang bukan?

Manfaat lainnya tentu berpengaruh pada pengunjung atau pembaca blog Anda. Jika Alexa Rank Anda bagus, tentunya mereka akan lebih antusias dan loyal terhadap blog tersebut. Saya yakin jumlah pembaca akan semakin meningkat dengan meningkatnya Alexa Rank.

Berapa nilai Alexa Rank yang bisa dikatakan Bagus? Menurut saya, Alexa Rank di bawah 100 Ribu sudah cukup bagus. Dari sini, langkah Anda untuk meningkatkan rangking akan lebih mulus.

Cara mengetahui Alexa Rank?
Salah satu cara mengetahui Alexa Rank adalah dengan mengunjungi situs Alexa.com, klik tab “site info” , setelah itu pada bagian “site lookup” isikan dengan URL situs Anda. Lalu klik GO. Maka akan tampil data-data yang tercatat oleh Alexa mengenai situs Anda. atau anda bisa langsung mendapatkan widget Alexanya  disini. anda tinggal ketik URL dari website yang anda miliki setelah itu bisa dipasang kode yang diberikan pada website anda.

Kalau anda menginginkan Pageranking yang tinggi bagi website atau blog anda, saya kira anda harus memperhatikan juga ranking Alexa anda.

Dikutip dari berbagai sumber

Artikel Terkait



Comments
4 Comments

Komentar

4 Komentar untuk "Mengenal Alexa rank dengan manfaat dan tujuannya"

resistanCe mengatakan...

nice info gan, alexa ane masih hancur banget nih :D

Bloggernias mengatakan...

Semangat gan, yang penting sosialisasi 'n kreatif blognya kudu aktif dan terupdate terus.. hehe

fajarnoverdi mengatakan...

alexa ane lagi tinggi nih gan..hehe

Darren Demers mengatakan...

Manfaat lainnya tentu berpengaruh pada pengunjung atau pembaca blog Anda. Jika Alexa Rank Anda bagus, tentunya mereka akan lebih antusias dan loyal terhadap blog tersebut. Saya yakin jumlah pembaca akan semakin meningkat dengan meningkatnya Alexa Rank. cotton gadda for bed , heavy winter blankets , double bed razai online , sofa covers near me , velvet bedsheet

Tambahkan komentar anda

Blog ini adalah blog Do Follow. Tentu akan mendapat respon dan menguntungkan bagi blog yang berkomentar. Silahkan berkomentar dengan memperhatikan nilai SARA!!

 

Info Techno

HTML

SEO

Return to top of page Copyright © 2009-2013 | Komunitas BLogger Nias