Cara Mengganti Favicon di Blogger/Blogspot (Tampil disemua browser)



Apakah itu Favicon?? Favicon adalah icon/gambar yang terletak pada address bar dari suatu web browser. Setiap situs atau blog biasanya memiliki favicon. Pada blogspot, favicon yang dibuat berupa logo blogger berwarna orange sebagai icon dasar atau bawaan.
Blogger tidak memberi fasilitas untuk mengganti faviconnya, berbeda dengan blog pada wordpress. Lalu bagaimana jika anda ingin mengganti/merubah favicon ini?


Membuat favicon
Pertama anda persiapkan terlebih dahulu gambar untuk favicon blog anda, terserah bagaimnana cara anda mendesainnya. Untuk ekstensi file Favicon dapat berupa icon.ico, icon.png, icon.gif,  atau. icon.jpg. Untuk ukuran sebaiknya 20x20px lebih juga tidak masalah. Lanjut, upload icon anda ke image hosting anda. Disini penulis menggunakan image hosting di http://photobucket.com/

Silahkan daftar akun anda dengan registrasi terlebih dahulu, dan upload icon anda. Setelah icon di upload anda akan diberikan url link icon anda. nah, url tersebut yang akan kita tambahkan nantinya pada source code mengganti favicon di blogspot.

Memasang favicon ke blogger
Masuk ke akun blogger anda.Pilih menu Design (Tata Letak) » Edit HTML.
Cari kode di bawah ini.
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Copy-paste kode berikut di bawah kode tadi.
<link href='url-gambar.ico' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>  
Ganti tulisan berwarna biru dengan url favicon anda tadi.

Setelah selesai melakukan pengeditan, sekarang lihat hasilnya. Jika anda melakukannya dengan benar, favicon ini akan tampil di address bar, sebelah kiri URL blog anda. Untuk cara memasang favicon di blog selain blogspot juga bisa menggunakan kode di atas. Tetapi pengeditan HTML-nya mungkin sedikit berbeda.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

Komentar

0 Komentar untuk "Cara Mengganti Favicon di Blogger/Blogspot (Tampil disemua browser)"

Tambahkan komentar anda

Blog ini adalah blog Do Follow. Tentu akan mendapat respon dan menguntungkan bagi blog yang berkomentar. Silahkan berkomentar dengan memperhatikan nilai SARA!!

 

Info Techno

HTML

SEO

Return to top of page Copyright © 2009-2013 | Komunitas BLogger Nias